Copy dan Paste dengan Spike


[Ms Word 2010]
Apa itu Spike? Ini adalah sebuah fitur yang ada di Ms Word yang memiliki kegunaan yang hampir sama dengan melakukan aksi Copy dan Paste. Lalu apa bedanya? Keunggulan dari Spike adalah kemampuannya untuk menyimpan beberapa teks dari berbagai tempat dan meletakkan semua teks tersebut pada dokumen anda.

Fitur Copy yang biasa anda gunakan hanya memiliki satu tempat penyimpanan dalam sekali waktu. Dengan menggunakan Spike, kita bisa memilik beberapa teks yang akan kita simpan dahulu, lalu meletakkan kursor di posisi yang kita inginkan dan selanjutnya hanya tinggal melakukan paste, maka semua teks yang anda simpan sebelumnya akan muncul seketika. Untuk lebih mudah dipahami, simak contoh sederhana berikut ini.

Saya memiliki 5 buah paragraf dan saya ingin menata ulang paragraf-paragraf tersebut. Saya berikan angka di masing-masing paragraf sebagai penanda urutan paragraf.

1. Lima buah paragraf berurutan
Selanjutnya, saya ingin mengambil paragraf ke-2 dan ke-4 untuk saya letakkan setelah paragraf ke 5. Mari kita gunakan fitur Spike untuk mewujudkannya. Kombinasi tombol untuk melakukan penyimpanan dengan menggunakan Spike adalah Ctrl + F3.

Pertama-tama, saya lakukan blok pada paragraf ke 2 dan melakukan kombinasi Ctrl + F3, maka paragraf ke-2 akan tersimpan seperti pada umumnya anda melakukan Copy. Selanjutnya, saya lakukan blok pada paragraf ke-4 dan sekali lagi melakukan kombinasi Ctrl + F3. Selesai, kedua paragraf telah berhasil disimpan.

Menyimpan dengan menggunakan kombinasi Ctrl + F3
Kini waktunya kita melakukan paste di posisi yang diinginkan. Karena saya ingin meletakkan paragraf yang saya simpan sebelumnya di bawah paragraf nomor 5, maka saya letakkan kursor saya di bawah paragraf nomor 5. Selanjutnya? Ketikkan 'spike' (tanpa tanda petik) dan tekan Enter atau F3. Maka kedua paragraf yang saya simpan sebelumnya akan muncul! Mudah bukan? 

Ketik 'spike' dan Enter atau F3
Hal yang perlu diingat adalah, apa yang anda simpan dalam memori Spike tidak akan hilang walaupun anda telah melakukan paste dengan menggunakan F3 atau menuliskan kata 'spike' dan menekan Enter. Untuk melakukan paste sekaligus menghapus semua yang telah kita simpan di dalam Spike, lakukan kombinasi Ctrl + Shift + F3.

Tertarik? Coba dan lakukan, maka anda akan mengerti dengan lebih cepat :) Selamat mencoba!


Comments

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Memilih gambar yang terletak di belakang teks

Paragraf Menggantung (Hanging)