Mengubah satuan ukuran menjadi centimeter

[Ms-Word 2007]
Sebelum menulis dan mencetak sebuah dokumen, kita perlu menentukan 'page layout' terlebih dahulu, karena kita perlu menentukan margin (batas tepi) dan juga ukuran kertas yang akan kita gunakan untuk mencetak hasil karya kita.
Secara default ukuran yang terdapat pada Ms-Word adalah Inch, baik pada ukuran kertas maupun yang lain. Hal ini cukup merepotkan bagi kita di Indonesia, meskipun satuan ukuran Inch adalah standar internasional, tetapi kita kurang mengenal ukuran ini sebab sejak SD kita lebih mengenal ukuran dalam meter dan centimeter (meskipun dalam mistar yang kita miliki, seringkali ada ukuran cm dan inch).



Pastinya akan sangat membosankan jika kita harus menggunakan ukuran inch, dalam menentukan batas tepi maupun ukuran kertas, apalagi kita harus menghitung terlebih dahulu, dengan rumus 1 inch adalah 2.5 cm.
Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat mengubah satuan ukuran default dari Ms-Word dari inch menjadi cm, berikut caranya :
  1. Klik 'Office Button' di sudut kiri atas

  2. Pilih 'Word Options'
  3. Pilih tab 'Advanced'

  4. Scroll / geser ke bawah hingga menemukan bagian 'Display', dan cari tulisan 'Show measurement in units of' dengan kotak dropdown menu yang secara default menunjukkan ukuran 'Inches'.

  5. Klik pada dropdown menu, dan anda akan menemukan beberapa pilihan ukuran yang dapat anda terapkan di dalam Ms-Word yaitu 'Inches, Centimeters, Milimeters, Points, Picas'
  6. Pilih ukuran 'centimeters' dan klik 'OK'

  7. Lihat 'page layout', dan anda akan menemukan bahwa ukuran yang digunakan menjadi cm.


Jika anda ingin mengganti ukuran dengan menggunakan 'points' maupun ukuran yang lain, ulangi langkah diatas.
Itulah cara mengubah satuan ukuran inch menjadi cm pada Ms-Word, yang ternyata sangat mudah. Selamat Mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Paragraf Menggantung (Hanging)

Memilih gambar yang terletak di belakang teks