Memanfaatkan Tab Marker untuk Tabulasi #1

[Ms-Word 2003, Ms-Word 2007, Ms-Word 2010]
Dalam menyusun sebuah dokumen, tak jarang kita mempergunakan tabulasi (atau tombol 'Tab') agar susunan kalimat atau kata dalam dokumen dapat tersusun dengan lebih rapi. Seperti yang kita tahu, sekali melakukan tabulasi, maka pointer akan bergerak maju sebanyak 0.5". Namun, tahukah anda bahwa kita dapat menggunakan Tab Marker untuk memberikan pengaturan khusus setiap kali kita menggunakan tombol tab?

Tab Marker? Mari kita samakan pemikiran terlebih dahulu. Yang disebut dengan tab marker adalah sebuah atau beberapa simbol yang berada di daerah 'Ruler' di bagian atas Ms-Word. Tab marker sendiri ada bermacam-macam, dan semuanya dapat anda temukan di kotak kecil di sebelah kiri 'Ruler' di Ms-Word. Tab marker akan berubah bentuk setiap kali anda melakukan klik pada kotak tersebut. Berikut ilustrasinya.

Hal yang wajib anda tahu adalah, ketika anda memasang sebuah tab marker, maka ketika anda menekan tombol 'Tab', pointer akan bergerak tepat di mana anda meletakkan tab marker tersebut. Jika ada 2 atau lebih tab marker, maka pointer akan mengikuti tab marker yang berada di bagian yang lebih kiri dibanding tab marker lain.

Nah, ada 5 macam tab marker seperti yang ada pada gambar di atas, dan tentunya, masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Mudah saja memahaminya, karena dari namanya saja kita bisa mengerti dan mengingatnya dengan mudah. Untuk mengerti masing-masing perbedaan dari tab marker yang ada, berikut akan saya berikan ilustrasinya di artikel berikutnya 'Memanfaatkan Tab Marker untuk Tabulasi #2'.

Untuk lebih jauh memahaminya, tentu saja anda harus mencobanya sendiri. Praktek, praktek, praktek dan anda akan semakin cepat mengerti. Selamat mencoba! :)

Comments

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Memilih gambar yang terletak di belakang teks

Paragraf Menggantung (Hanging)