Orientasi Portrait dan Landscape dalam satu dokumen

[Ms-Word 2010]
Bagaimana jika anda ingin mengubah orientasi halaman yang pada awalnya adalah portrait menjadi ke landscape? Mudah saja, anda dapat menemukannya di tab 'Page Layout' di bagian 'Orientation'. Namun, bagaimana jika anda ingin mengubah orientasi dari halaman tertentu tanpa harus mempengaruhi orientasi halaman yang lain? Adakah solusinya?

Ada! Kuncinya adalah dengan melakukan pemenggalan atau lebih umum disebut dengan Break. Pertama-tama, lakukan section break yang dapat anda temui pada tab 'Page Layout', tepatnya dengan melakukan klik pada tombol 'Break'.



Di bagian 'Section break', pilihlah opsi 'Next Page', sehingga dokumen anda akan bertambah satu halaman, namun berada di section yang berbeda. Untuk menunjukkan dengan cepat bahwa dua halaman ada di section yang berbeda, anda dapat melakukan klik pada bagian header dan footer, maka anda akan melihat informasi section dari halaman terkait.



Setelah anda memiliki dua halaman dengan section yang berbeda, sekaranglah saatnya untuk mengubah orientasi dari halaman yang anda inginkan. Cara yang dilakukan masih sama, yaitu melalui tab 'Page Layout' dan memilih orientasi pada bagian 'Oridntation'. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perubahan orientasi pada sebuah section tidak akan mempengaruhi section yang lain.



Tidak terlalu rumit jika anda sudah mengerti penggunaan section. Selamat mencoba dan semoga berguna!

Comments

Anonymous said…
Thanks . Sangat Berguna Sekali ^^

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Paragraf Menggantung (Hanging)

Memilih gambar yang terletak di belakang teks