Mengatur Indentasi Paragraf melalui Keyboard

[Ms-Word 2003, Ms-Word 2007, Ms-Word 2010]
Ketika anda bekerja dengan sebuah dokumen, tak jarang anda mengubah indentasi paragraf agar paragraf menjadi menjorok ke dalam, hanging maupun rata. Mudahnya, kita dapat mengaturnya dari ruler atau marker yang berada di bagian atas dari aplikasi Microsoft Word.


Jika anda menginginkan indentasi yang tertata rapi, ada cara lain selain menggeser marker yang ada di ruler. Gunakan keyboard shortcut. Untuk lebih mudah dipahami, kita perlu tahu terlebih dahulu bahwa marker terdiri dari dua bagian, yaitu First Line Indent dan Hanging Indent serta Left Indent yang menjadi satu bagian. Perhatikan ilustrasi berikut ini untuk lebih mudah memahami.

Gambaran tentang Marker yang ada di Ms-Word
Berikut ini adalah keyboard shortcut yang dapat anda gunakan untuk mengatur marker tersebut:

  1. Untuk memindah First Line Indent bergerak maju, anda dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+M. Untuk mundur, tambahkan tombol Shift ke dalam kombinasi keyboard shortcut, sehingga menjadi Ctrl+Shift+M.
  2. Untuk memindah Hanging Indent dan Left Indent bergerak maju, anda dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+T. Untuk mundur, tambahkan tombol Shift ke dalam kombinasi keyboard shortcut, sehingga menjadi Ctrl+Shift+T.
  3. Untuk me-reset ulang agar marker kembali ke posisi paling kiri, gunakan kombinasi CTRL+Q.
Yang perlu diingat adalah, perubahan marker untuk setiap kombinasi yang anda lakukan melalui keyboard adalah sebesar 0.5". Untuk lebih jelasnya, anda dapat mempraktekkannya secara langsung di dokumen anda. Semoga bermanfaat :)

Comments

Unknown said…
Terimakasih atas bantuannya :D bermanfaat sekali untuk membantu tugas saya!

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Paragraf Menggantung (Hanging)

Memilih gambar yang terletak di belakang teks