Meminimalkan ukuran dokumen Microsoft Word - #3

[Ms-Word 2007, Ms-Word 2010]

Masih tentang meminimalkan ukuran dokumen di Ms-Word. Pada dua posting sebelumnya (di sini dan di sini), telah dibahas tentang bagaimana meminimalkan ukuran dokumen dengan melakukan kompresi gambar lewat Ms-Word serta kompresi secara langsung melalui image editor pada folder word/media dengan menambahkan ekstensi .zip pada file word.

Beberapa tips berikut juga dapat Anda gunakan untuk memperkecil ukuran dokumen Word:

  1. Gunakan fitur Insert Graphic ketimbang Copy-Paste.
    Pengguna Ms-Word cenderung menggunakan fitur Copy-Paste untuk mengkopi gambar yang berasal dari dokumen lain atau web ke dalam dokumen yang sedang diedit. Copy-paste memang praktis namun tidak efisien karena gambar yang dikopi akan ditempel dalam format bitmap (yang berakibat ukuran file menjadi besar). Gunakan fitur insert picture untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen. Caranya adalah pilih menu Insert >> Picture. Pilih file yang hendak ditambahkan ke dalam dokumen dan klik Insert. Jika dokumen adalah adalah dokumen pribadi yang tidak dipindahkan atau dikopi ke lokasi lain, Anda dapat menggunakan fitur Link to file sehingga gambar tidak ikut disimpan ke dalam dokumen Word, melainkan hanya lokasi di mana gambar berada. 

  1. Embed only the TrueType font styles used in your document.
    Fitur meng-embed (menanamkan) truetype font ke dalam dokumen punya kelebihan dan kekurangan. Untuk dokumen yang di dalamnya terdapat teks dengan font yang tidak standard, Anda perlu mengaktifkan fitur embed truetype font agar format font dalam dokumen tidak tersubstitusi ketika dibaca di komputer lain yang tidak memiliki font tersebut. Sayangnya ukuran dokumen akan bertambah besar karena Word akan menyertakan font tersebut ke dalam dokumen. Cara untuk memperkecil ukuran adalah dengan hanya meng-embed karakter-karakter yang digunakan  pada dokumen tersebut. Langkahnya adalah: klik Ms-Office button >> Word Options, pilih Save tab di bagian kiri. Centang "Embed fonts in the file" dan "Embed only the characters used in the document (best for reducing file size)".

  1. Simpan ke dalam format DOCX.
    Format docx memiliki ukuran file yang lebih kecil ketimbang doc. Jika Anda ingin mengirim dokumen sebagai preview, Anda dapat menyimpan ke dalam format PDF.
  2. Untuk pengguna Word 2003: Matikan fitur Turn off fast save.
    Fitur fast save dapat mempercepat proses penyimpanan, terutama jika dokumen yang sedang Anda edit adalah dokumen yang cukup besar. Dengan menggunakan fast save, penyimpanan hanya dilakukan terhadap perubahan-perubahan yang dilakukan sejak penyimpanan terakhir. Cepat, namun memboroskan space. Fast save akan menambahkan perubahan yang dilakukan di akhir dokumen. Artinya, apapun yang Anda lakukan atau tambahkan ke dalam dokumen, termasuk komentar atau informasi yang seharusnya terhapus, masih tetap ada di dalam dokumen. Dengan mematikan fitur fast save, Anda akan selalu mendapatkan isi dokumen yang senantiasa terupdate. Untuk mematikan fitur ini, pilih menu Tools >> Options, hilangkan centan pada check box "Allow fast saves".





Comments

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Memilih gambar yang terletak di belakang teks

Paragraf Menggantung (Hanging)