Spelling Checker dalam Bahasa Indonesia

Kesalahan mengeja dalam Bahasa Inggris dapat dengan mudah dideteksi menggunakan fitur Spell Checker yang sudah menjadi bawaan di Ms-Word. Jika fitur Spell checker diaktifkan, maka kata-kata yang tidak ada dalam kamus, akan diberikan garis bawah berwarna merah. Anda dapat mengelik kanan kata tersebut dan Ms-Word akan memberikan saran perbaikan sesuai dengan kata yang paling mendekati.


Bagaimana dengan Bahasa Indonesia?
Inti dari fitur spell checker di Ms-Word adalah kamus yang berisi daftar kata yang benar. Default dari Ms-Word adalah menggunakan kamus (CUSTOM.DIC) yang berisi daftar dalam bahasa Inggris. Anda dapat mengunduh INDONESIA.DIC dalam bahasa Indonesia mengeklik link berikut.

Setelah mengunduh INDONESIA.DIC, buka file tersebut pada notepad atau editor teks yang lain. Nantinya seluruh kata pada INDONESIA.DIC akan dikopikan ke kamus baru yang akan dibuat.

Jalankan Ms-Word, klik  Office button > Word Options >> Proofing >> Custom Dictionaries. Klik New untuk membuat daftar kata baru. Beri nama file kamus baru ini, DAFTARKATA.dic misalnya.


Berikutnya adalah memindahkan semua kata yang ada di INDONESIA.DIC ke kamus baru DAFTARKATA.DIC. Klik Ok dan kembali ke editor di Ms-Word. Anda perlu membuka DAFTARKATA.dic yang terletak pada filepath yang tertera di kotak dialog Custom Dictionaries. 


Gunakan Notepad atau text editor lain untuk membuka DAFTARKATA.dic (yang seharusnya masih kosong), lalu copy semua kata di INDONESIA.DOC ke DAFTARKATA.dic. Simpan DAFTARKATA.dic.

Pastikan Anda telah mencentang Check spelling as you type pada kotak Options, dan Custom Dictionaries DAFTARKATA.dic juga telah tercentang.


Uji dengan mengetikkan kata-kata yang salah, lalu klik kanan untuk melihat opsi yang disediakan.







Comments

Unknown said…
nice share gan.... ane jadi kebantu nih... thanks before ya bung... jangan sungkan buat mampir dtmpat ane. Kinetikata Decoration
Anonymous said…
di office 2010 ngga bisa.
Anonymous said…
Sangat membantu. Terima kasih
Anonymous said…
mau tambah info sekalian mencari pencerahan, ane udah donlot dan menerapkan ini ke custom dictionary ms 2013. tapi sepertinya, cara ini tidak bekerja. Bisa minta tlg pencerahannya? tapi kalo di ms 2010, cara ini bekerja dengan baik.

salam kenal dari penulis di blog www.jurnalphobia.org
Unknown said…
Terima kasih. Helping banget.
Tyas Wida said…
lancarrrr thankk beratt
makasih infonya semoga bermanfaat
Unknown said…
kwweeerrreeennn.... mau bagi2 ilmu masuk surga dah... #jempol

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Memilih gambar yang terletak di belakang teks

Paragraf Menggantung (Hanging)