Clipping menggunakan fitur Screenshot

[Ms-Word 2010]
Tahukah anda bahwa Ms-Word 2010 telah menyediakan fitur untuk mengambil screenshot dengan mudah? Ya, ini fitur yang cukup berguna tentunya jika anda ingin menyisipkan screenshot ke dalam dokumen anda. Fitur screenshot ini dapat anda temukan di dalam tab Insert.

Fitur screenshot pada tab Insert

Di saat anda melakukan aksi klik di tombol screenshot, maka anda akan mendapati screenshot dengan tampilan penuh dari semua window yang sedang terbuka di komputer anda. Seperti pada contoh gambar di atas, saya memiliki 2 window explorer terbuka dan 1 browser terbuka, dan saya mendapati semua screenshot-nya secara langsung tanpa harus melakukan aksi apapun sebelumnya. Tinggal pilih dan screenshot akan otomatis masuk ke dokumen anda. Mudah bukan?

Kasus lain, andaikata anda hanya ingin mengambil bagian tertentu dari screenshot. Memang, Windows 7 dan Windows Vista telah menyertakan fitur snipping tool untuk mempermudah pengambilan bagian tertentu dari sebuah objek. Namun, tanpa fitur snipping tool pun, kita juga bisa menggunakan fitur screen clipping yang bertindak sama seperti snipping tool. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya :)

Screen clipping untuk mengambil potongan gambar dari suatu objek
Dengan mengaktifkan fitur screen clipping, maka window Ms-Word anda akan otomatis ter-minimize dan anda dapat langsung melakukan seleksi pada objek yang anda inginkan. Yang perlu diperhatikan, persiapkan window yang ingin anda clip tepat sebelum anda melakukan screen clipping. Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Mencetak Halaman Ganjil atau Genap Saja

Memilih gambar yang terletak di belakang teks

Paragraf Menggantung (Hanging)